subscribe: Posts | Comments

Ingin Panjang Umur! Ikuti Cara Memasak Seperti Ini

0 comments

Ingin Panjang Umur! Ikuti Cara Memasak Seperti Ini

Ingin Panjang Umur! Ikuti Cara Memasak Seperti Ini – Cara memasak yang pas bisa memberikan manfaat kesehatan seperti mencegah serangan penyakit, meningkatkan tenaga tahan tubuh, dan membuka kans untuk hidup lebih lama. Berikut ini yakni cara memasak dan mengolah makanan yang pas untuk menjaga kesehatan Anda seperti diberitakan situs duniafitnes:

Braising

Braising lazimnya didahului dengan pengerjaan perendaman makanan ke dalam bumbu terpenting dahulu, kemudian tambahkan sedikit air, masak dalam situasi tertutup dengan api yang kecil.

Baking

Selain roti dan makanan pencuci mulut, Anda bisa memanggang (baking) makanan laut, ayam, daging, sayuran dan buah-buahan. Untuk memanggang, taruh makanan di dalam panci atau diatas piring dan masukkan ke dalam oven. Anda bisa memasaknya dalam situasi tertutup. Baking pada lazimnya tidak memerlukan penambahan minyak atau lemak dalam makanan.

Grilling dan Broiling

Grilling yakni pengerjaan memasak bahan makanan dengan menerapkan panas api yang tinggi dan segera. Untuk grill di luar ruangan, taruh makanan pada rak grill diatas sumber api. Untuk makanan yang kecil seperti sayuran cacah, gunakan foil atau keranjang panggang bergagang panjang untuk mencegah potongan-potongan sayuran tergelincir jatuh melewati jeda-jeda rak. Untuk broil dalam ruangan, taruh makanan pada rak broil dibawah sumber panas. Kedua cara ini memungkinkan lemak menetes dari makanan.

Roasting

Seperti pada baking, namun lazimnya dengan suhu yang lebih tinggi. Prinsip dari roasting ini yakni membuat makanan menjadi kering dan matang dengan menerapkan oven. Berapa lamanya memanggang tergantung dari besar kecilnya bahan makanan. Kadang Anda perlu memoles makanan Anda untuk menjaganya supaya tidak kering.

Poaching

Untuk merebus makanan, didihkan bumbu dengan api yang kecil dalam air atau cairan berbau seperti kaldu, cuka atau jus, lalu masukan makanan, biarkan hingga mereka matang dan empuk. Dengan cara ini makanan akan mempertahankan formatnya dikala dimasak. Pilih panci tertutup yang paling pantas dengan ukuran dan bentuk makanan, sehingga bisa meminimalkan jumlah cairan yang diterapkan.

Sauteing

Sauteing yakni memasak kencang pada makanan-makanan yang relatif kecil atau tipis. Bila Anda memilih menerapkan penggorengan anti lengket yang berkwalitas karenanya Anda bisa memasaknya tanpa menerapkan minyak atau lemak. Pada resep tertentu, gunakan kaldu rendah sodium, cooking spray atau air sebagai pengganti minyak.

Pakai Bumbu dan Rempah-rempah Natural

Membuat makanan dengan menerapkan bumbu dan rempah-rempah yakni salah satu cara terbaik untuk menambah warna, rasa dan wangi-wangian pada makanan tanpa menambahkan garam, minyak atau kaldu yang tinggi lemak. Pilih rempah-rempah segar yang tampak cemerlang dan tidak layu, dan tambahkan pada akhir memasak. Rempah-rempah kering diterapkan pada tahap permulaan memasak. Saat berharap mengganti yang kering dengan yang segar, gunakan sekitar sepertiga dari jumlah hal yang demikian.

Stir-Frying

Sebuah cara memasak tradisional Asia, stir-frying yakni menumis kencang makanan-makanan berukuran kecil dan seragam dengan menerapkan wajan atau penggorengan anti lengket yang besar. Metode ini cuma memerlukan sedikit minyak sehingga relatif aman untuk kesehatan, apalagi apabila menerapkan minyak dengan kandungan lemak tidak jenuh, seperti minyak canola.

Steaming

Mengukus atau steaming yakni memasak bahan makanan dengan uap air mendidih. Meski bahan makanan tidak berhubungan atau kontak segera dengan air mendidih namun masih tetap termasuk dalam teknik memasak basah. Karena bahan makanan tidak bersentuhan segera dengan air karenanya gizi yang terkandung tidak akan banyak yang hilang.