subscribe: Posts | Comments

Dampak Ketiadaan Instalasi Pembuangan Air Limbah Pada Lingkungan

0 comments

Limbah yang tidak diolah menyebabkan banyak sekali masalah terhadap lingkungan. Akibat pertama adalah terjadinya pencemaran udara. Di Indonesia sendiri, pencemaran udara akibat polusi kendaraan bermotor memasuki tahap serius dan belum dapat ditangani, apalagi jika kemudian ditambah dengan pencemaran akibat limbah sebab tidak adanya instalasi pembuangan air limbah di lingkungan sekitar.

Dampak Ketiadaan Instalasi Pembuangan Air Limbah Pada Lingkungan

Dampak selanjutnya bila tidak adanya instalasi pembuangan air limbah adalah pencemaran air. Sebagaimana diketahui bahwa air merupakan salah satu kebutuhan utama dan berasal dari alam. Jika kemudian limbah yang tidak diolah mencemari alam sekitar termasuk titik sumber air, maka dapat menyebabkan kontaminasi racun terhadap air yang berkontak langsung dengan tubuh.

Selanjutnya, ketidaan instalasi pembuangan air limbah juga menyebabkan epidemi berupa penyakit kulit yang menular. Kuman yang terbawa oleh limbah tanpa pengolahan, utamanya limbah rumah sakit memiliki potensi tinggi meluarkan penyakit dan salah satunya adalah penyakit kulit serius. Jika epidemi berlanjut dan menurunkan kondisi tubuh penderita, maka dapat mengancam nyawa.

Dan terakhir, limbah yang tidak diolah akibat tidak tersedianya instalasi pembuangan air limbah dapat mengancam populasi makhluk hidup, mulai dari manusia, satwa, dan juga tumbuhan. Hal itu dikarenakan limbah masih memiliki kandungan senyawa kimia dan kuman yang berubah menjadi racun sehingga dapat membahayakan nyawa makhluk hidup jika sampai berkontak langsung.

Pencegahan Dengan Pengadaan Instalasi Pengolahan Air Limbah

Mempertimbangkan semua dampak buruk yang dihasilkan oleh ketiadaan instalasi pengolahan air limbah tersebut, maka kesadaran masyarakat akan pentingnya pengadaan perangkat tersebut harus terus ditingkatkan. Pemerintah harus menjadi pelopor pertama gerakan tersebut dengan menyediakan peralatan pengolahan limbah untuk lapisan masyarakat terbawah. Terlebih saat ini perangkat IPAL juga memiliki variasi harga terjangkau.

Dengan mengadakan perangkat instalasi pengolahan air limbah, lingkungan akan dapat diselamatkan, bahkan secara tidak langsung turut mencegah kepunahan makhluk hidup akibat racun mematikan yang dihasilkan oleh limbah yang tidak melalui proses pengolahan. Terutama jika ditambah dengan partisipasi aktif masyarakat dalam memaksimalkan penggunaan perangkat tersebut untuk kebersihan lingkungan.