subscribe: Posts | Comments

8 Cara Merawat Mesin Genset Agar Lebih Tahan Lama

0 comments

Cara Merawat Mesin Genset Agar Lebih Tahan Lama – Genset atau Generator Set adalah salah satu alat yang memiliki fungsi untuk menghasilkan sumber daya listrik. Genset biasa ditemui di instansi pemeritah, kantor-kantor, toko, bahkan rumah-rumah penduduk pun tak ketinggalan memiliki benda satu ini karena sebagai penyuplai listrik bila sewaktu-waktu listrik PLN mengalami gangguan atau pemadaman.

Cara Merawat Mesin Genset Agar Lebih Tahan Lama

Walaupun genset tidak digunakan secara terus-menerus, namun tetap saja memerlukan perawatan yang tepat agar mesinnya tetap dalam kondisi baik dan awet untuk jangka waktu yang panjang. Mengambil informasi dari teknisi senior salah satu perusahaan mesin genset yang jual genset 5 kva dan kapasitas lainya, ada beberapa cara yang bisa ditempuh agar perkakas tersebut bisa awet, berikut ulasanya.

Merawat mesin genset

Agar mesin genset yang anda miliki bisa berfungsi secara optimal, Yuk simak saja penjelasan secara lengkapnya berikut ini mengenai cara merawat mesin genset agar lebih tahan lama.

  1. Operasikan sesuai buku patunjuk penggunaan

Ketika anda pertama kali akan mengoperasikan genset, sebaiknya terlebih dahulu membaca buku panduan mengenai cara menggunakan alat tersebut. Ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti, anda telah melakukan pengoperasian berdasarkan buku petunjuk, tetapi ternyata genset tersebut rusak. Ini berarti genset tersebut memang rusak dari pabriknya atau sebelum berada ditangan anda. Jadi, ketika berada pada kondisi seperti ini anda masih bisa menggunakan kartu garansi yang masih berlaku.

  1. Panaskan secara teratur

Ketika genset dalam kondisi sedang tidak digunakan, sebaiknya anda tetap memanaskan genset tersebut selama 5 atau 10 menit. Ini agar sirkulasi oil mesin dapat berfungsi dengan baik.

  1. Melakukan pemeriksaan oil mesin secara berkala

Oli mesin yang terdapat pada genset memiliki peran penting agar genset dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan pemeriksaan oli mesin secara berkala. Bila warna oli mesin terlihat lebih keruh maka hendaknya anda mengganti oli tersebut. Karena itu menandakan kualitas oli tidak baik untuk mesin.

  1. Bakan bakar genset

Ketika akan menggunakan genset sebaiknya anda mengecek dulu bagian bahan bakarnya. Bahan bakar genset yang tidak mencukupi ketika dalam proses pengoperasian akan mengakibatkan mesin genset tersebut cepat rusak.

  1. Cek kabel

Kabel-kabel genset juga tak lepas dari perawatan, sebaiknya dilakukan pengecekan secara teratur agar ketika akan digunakan genset dapat berfungsi secara optimal.

  1. Ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik

Genset yang dioperasikan didalam ruangan sebaiknya diberikan ventilasi khusus. Ini bertujuan agar hasil pembakaran dari genset dapat terbuang dengan maksimal. Sehingga, ruangan tersebut tidak cepat panas, karena ruangan yang panas akan berakibat genset cepat panas dan rusak.

  1. Ganti spare part

Apabila anda memiliki genset yang telah anda gunakan secara bertahun-tahun. Sebaiknya, anda melakukan penggantian pada mesin genset tersebut. Karena, biasanya terdapat komponen yang sudah usang atau rusak, yang akan berakibat penggunaan genset tersebut tidak berfungsi secara optimal.

  1. Genset dalam kondisi bersih

Sebaiknya anda memperhatikan kondisi kebersihan genset anda. Bila terdapat bekas bahan bakar atau oli yang tercecer segera langsung saja anda bersihkan. Ini bertujuan agar genset anda tetap bekerja secara optimal dan juga kondisi fisiknya masih dalam keadaan bagus. Karena bila bekas tersebut tidak segera dibersihkan akan berakibat terjadinya korosi pada mesin genset.

Itulah 8 cara merawat genset agar dapat bertahan lebih lama dan tentunya mesin gensetnya dapat berfungsi secara optimal.