subscribe: Posts | Comments

Cara Mengetahui Kerusakan AC Mobil, Ini Dia Caranya

0 comments

https://www.bigtravelindo.com/sewa-mobil-malang/Umumnya driver dari https://www.bigtravelindo.com/sewa-mobil-malang/ telah mengetahui hal ini. Tahukah anda? Sebenarnya anda bisa mengetahui komponen AC dari kendaraan anda rusak atau tidak dengan memperhatikan dari suara atau bunyi yang dihasilkan ketika AC sedang bekerja. Umumnya pemilik kendaraan akan mengetahui bila ACnya sudah bermasalah ketika hawa sejuk telah berkurang, namun ada hal lain yang bisa anda perhatikan yaitu ketika kompresor kendaraan mulai bersuara agak keras ketika AC bekerja atau terdengar suara mendesis lembut yang berasal dari belakang dasbor mobil anda.

Seorang teknisi AC senior dari tempat reparasi mobil Orion Motor yang bernama Pak Edi membeberkan pengalamannya dalam hal ini kepada situr resmi salah satu produsen kendaraan ternama di negeri ini yaitu Daihatsu. Menurutnya cara mengetahui kerusakan AC mobil bisa dilakukan dengan meneliti sebagian komponen-komponen dari AC di dalam kabin. Bila terdengar misalnya bunyi-bunyian mendesis dengan disertai oleh hawa yang kurang dingin, berarti AC anda sudah bermasalah. Sedangkan untuk cara mengetahui kerusakan AC mobil dari luar, yaitu bisa dengan melihat langsung bagaimana keadaan kompresor ketika sedang bekerja.

Menurut penuturan beliau, ketika anda telah menemukan situasi ini dimana suara-suara dari alam lain mulai terdengar, komponen pertama yang harus diperiksa adalah kondisi freon. Bila dorongan dari freon sudah tidak lagi kuat, ada kemungkinan kompresor atau komponen lain yang terkait dengannya mengalami bocor atau rusak.

Setelah freon dicek tekanannya, anda juga harus mengecek kompresornya apakah masih vakum atau tidak. Bila kevakumannya tidak bagus, makan tenaga dorong akan berkurang sehinga freon tidak bisa bersikulasi dengan baik. Anda harus waspada terkait hal ini mengingat bila kompresornya yang rewel bisa merembet ke komponen yang lain.

Pak Edi yang bekerja di bengkel yang terletak di Jln. Krukut Raya di bilangan Depok Jabar ini juga menambahkan bila anda ingin mengecek keadaan freon dan kevakumannya dari kompresor, lebih baik dikerjakan di bengkel Air Conditioning. Dia beralasan karena di bengkel-bengkel tersebut pasti memmiliki alat yang dapat memerika hal-hal tersebut. Dan bila memang ada rusak, bisa langsung diperbaiki.

Komponen lain yang harus diperiksa adalah sebuah bagian yang bernama bearing magnetic clutch yang posisinya berdampingan dengan kompresor. Memerika bagian ini adalah hal yang penting juga mengingat bila dia tidak bisa bekerja dengan optimal, bisa terjadi panas dan parahnya bisa terbakar!

Untuk menghindari macetnya bearing magnetic clutch ini anda harus mengusahakan agar bearing yang sudah aus di dalamnya untuk segera dilakukan penggantian. Bila sudah terlanjur terjadi kebakaran atau rusak, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti bagian ini antara 800 ribu hingga 1,2 juta rupiah!