subscribe: Posts | Comments

Awas, Jangan Gegabah Mengolah Air Limbah

0 comments

Tujuan utama mengolah air limbah adalah untuk menurunkan hingga menghilangkan konsentrasi polutan yang ada di dalamnya. Pada akhirnya tindakan ini dimaksudkan untuk menghindari pencemaran lingkungan dan melakukan pemanfaatan kembali air olahan tersebut sehingga terjadi efisiensi dalam penggunaannya. Mengembalikan keseimbangan siklus hidrologi merupakan wujud tanggung jawab kita sebagai manusia untuk menjaga bumi yang telah Tuhan titipkan.

Awas, Jangan Gegabah Mengolah Air Limbah

Dilansir dari www.ipalbiorich.com, limbah yang dihasilkan oleh kegiatan Anda dan manusia lain baik itu di dalam rumah, rumah sakit, hotel, kantor, restoran, hingga pabrik telah memunculkan masalah lingkungan dan kesehatan. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui prinsip utama apa yang harus dilakukan dalam mengolah air limbah. Tak mau salah kan dalam pengolahan air limbah Anda?

  1. Memahami bahwa terdapat berbagai jenis polutan

Pengotor yang tercampur dalam air limbah dapat berupa padatan, padatan tersuspensi, hingga bahan-bahan organik. Setiap jenis pengotor membutuhkan pengolahan air limbah yang berbeda, jangan samakan air yang tercemar pengotor berupa bahan kimia misalnya, dengan pengotor yang berupa serbuk kayu atau kertas.

  1. Metode pengolahan air limbah

Pada umumnya dalam mengolah air limbah dilakukan dengan metode fisika, kimia, dan biologi. Setiap metodenya memiliki tujuan tertentu dalam menghilangkan bahan yang mengotori air sebelum akhirnya dibuang ke aliran sungai, danau, atau digunakan kembali.

  1. Tidak semua air hasil pengolahan limbah dapat dikonsumsi

Meskipun telah melalui proses panjang dalam pengolahannya, air limbah tidak serta merta dapat dikonsumsi untuk air minum. Pada umumnya, air ini masih dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pengairan sawah, kebun, dan ternak, namun perlu pengkajian dan treatment lebih lanjut mengenai baku mutu air oleh ahlinya apabila ingin dikonsumsi.

  1. Jangan gegabah, diskusikan pada ahlinya, lalu eksekusi bersama

Melakukan pengolahan air limbah perlu kehati-hatian meski sebenarnya memiliki prinsip yang sederhana. Jangan sampai niat baik dalam menjaga lingkungan dan melindungi keluarga dari ancaman penyakit malah kurang sesuai dengan standar dan aturan yang ada. Solusi terbaik adalah tetap diskusikan dengan ahlinya dan silakan eksekusi bersama. Mari sebarkan semangat mencintai lingkungan!