subscribe: Posts | Comments

7 Cara Yang Bisa Bunda Lakukan Untuk Mengatasi Bayi Yang Sering Memukuk dan Menggigit

0 comments

Bayi saya sangat lucu dan menggemaskan, tetapi akhir-akhir ini sering berubah dari dia menyanyi, bermain dengan senang dan tiba-tiba memukul dan menggigit saya. Kalau memukul Ibu atau Ayahnya mungkin tidak masalah tetapi kalau memukul teman bermainnya mungkin bisa menjadi masalah serius jika terluka dan menangis.

Bayi saya sering memukul dan menggigit temannya waktu bermain apakah normal? Bagaimana mengatasi masalah ini agar tidak di lakukannya lagi?

Bayi Yang Sering Memukuk dan Menggigit

Tidak ada penjelasan khusus dari Dokter ataupun pakar untuk masalah ini, tetapi pengalaman dari beberapa orang tua pada saat bayi memasuki usia 12 bulan memang bayi sering melakukan hal seperti memukul dan menggigit barang yang di pegangnya. Pada usia 1 tahun ini Anda harus hati-hati jika memberikan barang mainan untuk si kecil.

Bayi sering memukul dan menggigit adalah kondisi normal, tetapi memang untuk mengatasi dan menghentikan kebiasaan buruk ini perlu perhatian dan kesabaran. Anda perlu mencari tahu apa di balik si kecil melakukan hal buruk itu.

Menurut para ahli perkembangan anak, ada banyak penjelasan yang mungkin bisa terjadi pada bayi Anda saat ini. Bayi Anda mungkin bisa saja memukul atau menggigit karena hal-hal berikut ini:

  • Bayi sedang tumbuh gigi, karena tumbuh gigi menyakitkan bayi sering melakukan hal yang di anggapnya mengurangi rasa sakit seperti menggigit dan memukul.
  • Bayi Anda sangat lelah atau terlalu bersemangat dan ia ingin bermain sendiri tanpa di ganggu siapapun di kamarnya sendiri.
  • Bayi menggigit dan memukul karena mainannya atau tempatnya di pakai oleh anak lain dan ia tidak berkenan.
  • Bayi bisa saja menggigit dan memukul karena mempunyai teman bermain yang sebelumnya melakukan hal yang sama, sehingga ia menirunya.
  • Bayi ingin mengatakan bahwa ia sangat mencintai Anda tetapi tidak bisa mengatakan dengan kata-katanya yang belum jelas.

Percayalah dengan kesabaran dan ketekunan Anda kebiasaan memukul dan menggigit ini akan hilang dengan sendirinya selama beberapa bulan kedepan.

Meskipun perilaku ini di anggap normal tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk membatasi kebiasaan bayi Anda menggigit dan memukul:

1. Bayi ingin perhatian lebih.

Jika bayi Anda melakukan kebiasaan buruk menggigit dan memukul pada siang hari dan ia belum tidur, bisa saja hal ini tanda bahwa ia sangat kelelahan dan ingin segera tidur di kamarnya.

2. Jangan melawan dengan kekerasan.

Bayi yang memukul atau menggigit jangan di lawan dengan kekerasan. Jika Anda memarahinya tentunya bukan berarti si kecil berhenti tetapi biasanya akan bertambah marah dan ia akan melakukannya terus menerus.

Jika Anda membalasnya walaupun dengan tidak kencang itu berarti pesan buat bayi bahwa memukul dan menggigit adalah hal yang baik dan ingin di lakukannya setiap saat.

3. Beraksi dengan cepat

Jika bayi Anda memukul teman bermainnya, katakan jangan dan ambilah si kecil menjauh dari teman bermainnya itu. Jika bayi Anda memukul dan menggigit Anda sendiri, cobalah untuk menurunkan dari gendingan Anda dan diamkan sejenak di tempat yang aman.

4. Anda harus tetap tenang

Memarahinya dan berteriak setiap saat bukanlah solusi terbaik, si kecil tidak akan mengetahui bahwa ia sedang Anda marahi dan akan melakukan hal yang sama.

5. Memberitahu dengan benar

Jika bayi memukul Anda atau teman bermainnya, cobalah dengan mengambil tanggannya dengan penuh kasih sayang. Ajari dengan lembut yaitu dengan mengeluskan tanggannya dengan hewan peliharaan seperti kucing. Mudah-mudahan bayi akan tenang dan ini adalah pesan bahwa mengelus adalah lebih baik.

6. Anda pura-pura menangis

Ketika bayi Anda memukul Anda dan menggigitnya, cobalah dengan pura-pura menangis. Mungkin bayi tidak mengetahui apa maksudnya tetapi ia mempunyai naluri yang kuat. Menangis di depan bayi Anda memberikan pesan bahwa di pukul adalah sangat sakit.

7. Anda harus realistis

Bayi Anda belum mengetahui apa yang di lakukannya adalah salah, jadi memohon bayi Anda untuk meminta maaf adalah hal yang kurang ia mengerti. Anda harus realistis dan jangan memaksakan bayi Anda melakukan hal yang belum ia mampu.