subscribe: Posts | Comments

Kumbang Rusa, Serangga Seperti Apakah Dia?

0 comments

kumbang rusaKumbang Rusa adalah salah satu dari lebih dari 1.200 spesies kumbang yang berbeda yang secara alami ditemukan di Eropa. Kumbang rusa adalah spesies serangga terbesar yang dapat ditemukan di Inggris, tetapi saat ini kumbang rusa menjadi lebih langka di sebagian besar Inggris dan sekarang merupakan spesies yang dilindungi di banyak tempat bersejarahnya.

Kumbang rusa terutama ditemukan menghuni hutan dan hutan gugur di seluruh benua Eropa di mana ada banyak makanan dan banyak tempat bersembunyi untuk serangga lapis baja ini. Kumbang rusa juga menjadi pemandangan yang lebih umum di taman dan kebun yang menjadi pengganti buatan habitat asli mereka.

Kumbang rusa adalah serangga terbesar dan paling khas di Inggris karena beberapa individu dapat mencapai lebih dari 10cm panjangnya. Cangkang kasar dan keras dari kumbang rusa menyediakan tubuhnya dengan perlindungan yang sangat kuat dan dibagi menjadi tiga bagian (seperti serangga lainnya) untuk memberikan kumbang rusa keleluasaan pada saat bergerak.

Fitur yang paling khas dari kumbang rusa adalah penjepit panjang seperti tanduk yang menonjol dari kepala kumbang rusa. Penjepit dari kumbang jantan sering jauh lebih besar daripada yang betina yang terutama digunakan untuk memegang mangsa. Kumbang rusa juga memiliki sayap yang dilindungi oleh cangkangnya ketika tidak digunakan, memungkinkan kumbang rusa terbang jika terasa terancam.

Kumbang rusa adalah hewan omnivora, tetapi mereka makan dengan pola makan vegetarian yang dominan. Kayu yang membusuk, daun, nektar, buah-buahan dan bunga semuanya adalah makanan yang stabil dalam diet kumbang rusa bersama dengan serangga kecil ketika sumber makanan lain tidak tersedia.

Meskipun ada pelindung untuk tubuh mereka, kumbang rusa dimangsa oleh berbagai macam hewan di seluruh Eropa. Kelelawar, burung, tikus dan hewan pengerat lainnya adalah pemangsa utama kumbang rusa bersama dengan kucing dan anjing, dan mamalia lain yang lebih besar seperti rubah.

Kumbang rusa biasanya mulai berkembang biak ketika cuaca musim panas yang lebih hangat muncul, dan sekali menetas, larva kumbang jantan tetap dalam bentuk bayi mereka dari beberapa bulan hingga beberapa tahun. Larva kumbang jantan memakan kayu yang membusuk dan berubah menjadi nektar ketika mereka menjadi dewasa. Setelah berkembang penuh, kumbang rusa dewasa memiliki umur pendek hanya sampai beberapa bulan lebih tua saja umurnya.

Hari ini, terutama berkat hilangnya habitat, kumbang rusa adalah salah satu spesies terancam di dunia dan karena itu dilindungi di seluruh rentang alamnya terutama di Inggris di mana kumbang rusa menjadi amat langka.